Minggu, 11 Oktober 2020

Integrasi Pada Ms Office

 Pengertian Integrasi Pada Microsoft Office

Integrasi adaalah adanya saling keterkaitan antar sub sistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.

sistem terintegrasi (integrated system) merupakan sebuah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun secara fungsional. Sistem terintegrasi akan menggabungkan komponen sub-sub sistem ke dalam satu sistem dan menjamin fungsi-fungsi dari sub sistem tersebut sebagai satu kesatuan sistem.

Secara umum, ada empat cara untuk mengintegrasikan aplikasi satu dengan lainnya:

  1. Pemanggilan prosedur/function, Aplikasi yang akan melayani, harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
  2. Messaging, Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.
  3. Sharing database, Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh datanya ke suatu tabel di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.
  4. File Transfer, File Transfer adalah mekanisme ini biasanya format file dan struktur data di dalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya. Dari keempat cara integrasi di atas, Pemanggilan prosedur/function dan File Transfer merupakan cara yang sering digunakan dalam mengintegrasi sesama aplikasi Microsoft office.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar