Integrasi antar Aplikasi Microsoft Office
Setelah mengetahui fungsi-fungsi dan manfaat dari
aplikasi Microsoft Office yang cukup populer digunakan dalam banyak aktivitas,
ternyata semua fungsi-fungsi yang dimiliki oleh setiap aplikasi dapat di
integrasikan. Integrasi artinya mengaitkan data antarsub sistem sehingga
data dari sistem tersebut dapat digunakan di sistem yang lain. Seperti
contoh data pada Microsoft Excel ditautkan dengan dokumen Microsoft
Word dalam pembuatan surat, atau data di Microsoft Excel ditautkan
dengan presentasi pada Power Point dalam menampilkan grafik dan
tabel.
Kedua contoh
tersebut merupakan contoh implementasi dari integrasi antaraplikasi di
Microsoft Office. Microsoft Excel digunakan sebagai media database atau objek untuk disajikan dalam dokumen atau presentasi. Berikut
contoh penerapan integrasi pada Microsoft Office.
Dalam kehidupan
sehari-hari, sering ditemukan kondisi ketika hendak menyalin data yang ada pada
file Microsoft Excel untuk disajikan ke dalam file Microsoft Word. Misalnya saat membuat laporan, surat, makalah, dan
artikel. Hal tersebut di lakukan untuk mempermudah pekerjaan dan menghasilkan
hasil yang lebih baik.
Berikut merupakan contoh cara mengimplementasikan pekerjaan-pekerjaan
yang berkaitan dengan integrasi antara Microsoft Word dan Microsoft Excel.
Membuat Laporan
Berbentuk Grafik
Grafik dapat digunakan
sebagai bagian dari laporan atau digunakan untuk mempresentasikan data seperti
data keuangan perusahaan dan data stok produk. Berikut langkahlangkah membuat
grafik dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel.
- Buka aplikasi Microsoft Word.
- Pada halaman baru Microsoft Word, tambahkan grafik pada
menu Insert, kemudian klik padasub menu Chart dan pilih
jenis (template) grafik. Misalnya grafik batang (COLUMN)
dan klik Ok.
3.
Secara otomatis layar
komputer akan membuka dua jendela (window) yaitu
Microsoft Word dan Microsoft Excel seperti terlihat pada gambar berikut
4.
Selanjutnya,
data input atau data grafik chart yang ada di Microsoft Excel diubah sesuai dengan keperluan grafik yang
akan dibuat pada Microsoft Word. Secara otomatis data pada Microsoft Word akan
mengikuti data yang dibuat di Microsoft Excel. Misalnya grafik nilai
Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA.
5.
Ubah Category 1,2,3 dan 4 pada Microsoft Excel menjadi nama siswa (Hari, Ega, Asep,
dan Ina).
6.
Ubah Series 1, 2, dan 3 menjadi (Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA).
7.
Rekayasa data menjadi
nilai-nilai pada setiap mata pelajaran untuk setiap siswa.
8.
Tutup jendela Excel,
kemudian ubah judul data menjadi “Data Nilai Ujian Nasional Siswa” dengan double klik pada bagian Chart Title
9.
Jika ingin mengubah
data, klik pada chart/diagram, kemudian pilih menu Design pada Chart
Tools. Lalu pilih submenu Edit Data seperti terlihat pada gambar
berikut.
10.
Jika ingin merubah
design /jenis diagram yang di buat, bisa di lakukan dengan cara klik pada chart
/ diagram kemudian pilih menu design dan chart tools. lalu pilih Change Chart
Type seperti terlihat pada gambar berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar