Minggu, 11 Oktober 2020

Integrasi antar Aplikasi Microsoft Office

 Integrasi antar Aplikasi Microsoft Office

 

Setelah mengetahui fungsi-fungsi dan manfaat dari aplikasi Microsoft Office yang cukup populer digunakan dalam banyak aktivitas, ternyata semua fungsi-fungsi yang dimiliki oleh setiap aplikasi dapat di integrasikan. Integrasi artinya mengaitkan data antarsub sistem sehingga data dari sistem tersebut dapat digunakan di sistem yang lain. Seperti contoh data pada Microsoft Excel ditautkan dengan dokumen Microsoft Word dalam pembuatan surat, atau data di  Microsoft Excel ditautkan dengan presentasi pada Power Point dalam menampilkan grafik dan tabel.  

            Kedua contoh tersebut merupakan contoh implementasi dari integrasi antaraplikasi di Microsoft Office. Microsoft Excel digunakan sebagai media database atau objek untuk disajikan dalam dokumen atau presentasi. Berikut contoh penerapan integrasi pada Microsoft Office.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering ditemukan kondisi ketika hendak menyalin data yang ada pada file Microsoft Excel untuk disajikan ke dalam file Microsoft Word. Misalnya saat membuat laporan, surat, makalah, dan artikel. Hal tersebut di lakukan untuk mempermudah pekerjaan dan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Berikut merupakan contoh cara mengimplementasikan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan integrasi antara Microsoft Word dan Microsoft Excel.

 

Membuat Laporan Berbentuk Grafik

Grafik dapat digunakan sebagai bagian dari laporan atau digunakan untuk mempresentasikan data seperti data keuangan perusahaan dan data stok produk. Berikut langkahlangkah membuat grafik dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Pada halaman baru Microsoft Word, tambahkan grafik pada menu Insert, kemudian klik padasub menu Chart dan pilih jenis (template) grafik. Misalnya grafik batang (COLUMN) dan klik Ok.

https://1.bp.blogspot.com/-4V60QZ7SxoI/XemzmWzGCsI/AAAAAAAAAVw/TbYCsm452NI1-sACM0fvcgqTJEh-PHJ6gCLcBGAsYHQ/s640/Untitled%2B1.jpg

3.     Secara otomatis layar komputer akan membuka dua jendela (window) yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel seperti terlihat pada gambar berikut

https://1.bp.blogspot.com/-PlcUf7puevE/Xemzx-11fMI/AAAAAAAAAV0/JRs_SWZCo6MDhf8E-nP8kK3302IwdIrDgCLcBGAsYHQ/s640/Untitled%2B2.jpg

4.     Selanjutnya, data input atau data grafik chart yang ada di Microsoft Excel diubah sesuai dengan keperluan grafik yang akan dibuat pada Microsoft Word. Secara otomatis data pada Microsoft Word akan mengikuti data yang dibuat di Microsoft Excel. Misalnya grafik nilai Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA.

5.     Ubah Category 1,2,3 dan 4 pada Microsoft Excel menjadi nama siswa (Hari, Ega, Asep, dan Ina).

6.     Ubah Series 1, 2, dan 3 menjadi (Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA).

7.     Rekayasa data menjadi nilai-nilai pada setiap mata pelajaran untuk setiap siswa.

https://1.bp.blogspot.com/-r_n-MGqs5rQ/Xem0AnXtSiI/AAAAAAAAAV8/WWUB42Hf0YgsWBCOLuS_veFWONX1s4E2wCLcBGAsYHQ/s640/Untitled%2B3.jpg

 

8.     Tutup jendela Excel, kemudian ubah judul data menjadi “Data Nilai Ujian Nasional Siswa” dengan double klik pada bagian Chart Title

https://1.bp.blogspot.com/-YIdctJB56d4/Xem0MMwF71I/AAAAAAAAAWA/8Y_-K32KyV0SS79N2-PQgfE-5NaM6WtVACLcBGAsYHQ/s640/Untitled%2B4.jpg

9.     Jika ingin mengubah data, klik pada chart/diagram, kemudian pilih menu Design pada Chart Tools. Lalu pilih submenu Edit Data seperti terlihat pada gambar berikut.

https://1.bp.blogspot.com/-lbRR_JyC9yQ/Xem0aU_nvTI/AAAAAAAAAWI/BG9qts5pDCEi7255_WAK1z7LDjIZQrI_QCLcBGAsYHQ/s640/Untitled%2B5.jpg

 

10.   Jika ingin merubah design /jenis diagram yang di buat, bisa di lakukan dengan cara klik pada chart / diagram kemudian pilih menu design dan chart tools. lalu pilih Change Chart Type seperti terlihat pada gambar berikut.

https://1.bp.blogspot.com/-bbAu2SDs4mI/Xem0hci25tI/AAAAAAAAAWQ/E5Qt2Q27cDc0ajmLI3qulRB-PJ0gVpFqACLcBGAsYHQ/s640/Untitled%2B6.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar