Senin, 18 Januari 2010

Manajemen Maha Mantra

( Pikir, Tanya, Lakukan )

Mantra yang harus dikerjakan :

  1. Menetapkan Tujuan.

Tanpa menetapkan tujuan, kau tidak akan tahu arah mana yang harus ditempuh, sehingga kau menjadi bingung dan tersesat. Kebahagiaan adalah tujuan utamanya. Untuk mencapai tujuan utama itu, kau harus membutuhkan tujuan jangka panjang dan pendek, yang harus ditentukan. Kesehatan dan kekayaan, relasi yang erat dalam keluarga, serta pendidikan adalah beberapa tujuan yang harus kau prioritaskan.

  1. Berani Bermimpi.

Gunakan kemampuan alamimu untuk memimpikan dan membayangkan masa depan (lihatlah dengan jelas dengan mata pikiranmu). Visualisasikan ini akan menyatakan apa yang harus kau lakukan. Kemudian, buatlah rencana untuk masa depanmu dan lakukan.

  1. Miliki Keberanian dalam Mimpimu.

Engkau sudah mempunyai impian dan keberanian. Kalau tidak, kau pasti tidak akan terjun kedalam suatu resiko. Tetapi sekarang kau harus menciptakan keberanian dalam mimpi-mimpimu, dan jangan biarkan orang lain mendiktekan hal yang berlawanan pada dirimu.

  1. Bersiaplah.

Perubahan adalah satu-satunya yang tetap ada. Perubahan datang, entah kita suka atau tidak, terimalah dan buanglah. Bersiap menghadapi perubahan adalah ciri-ciri seorang visioner sejati. Bersiap berarti menghemat uang, waktu dan menghindarkan kita dari patah semangat di masa depan.

  1. Belajar Itu Penting.

Kehidupan itu sendiri adalah buku yang paling rumit dan guru yang terbaik. Pembelajaran tidak harus dilakukan dengan bersekolah. Menjadi murid yang baik dan terus belajar akan membuat pikiran aktif dan selalu bekerja, memberi jalan keluar dari kesukaran yang akan kau dihadapi di masa depan.

  1. Bukalah Pikiranmu.

Selain pendidikan di sekolah, doronglah dirimu untuk menghargai hal-hal yang berbau positif. Seni, musik, drama, ilmu pengetahuan, ilmu manusia, budaya atau ataupun yang mungkin ingin dipelajari dan memberi kesempatan untuk itu. Dengan cara ini kita akan cepat menjadi seorang dewasa yang matang dengan beraneka pengetahuan.

  1. Belajar Mempercayai Orang Lain.

Orang yang selalu mengerjakan segala sesuatu seorang diri cenderung tidak mudah mempercayai orang lain. Hal seperti ini dalah kekeliruan besar. Dengan membentuk pribadi-pribadi yang layak dipercaya dan bergaul dengan orang-orang maju, Engkau akan menciptakan sebuah jaring keselamatan di sekitarmu. Hidup tidak memberi jaminan apa pun, oleh karenanya, kau harus memastikan untuk dapat bertahan demi masa depanmu, apapun yang terjadi.

  1. Bangunlah Fondasi yang Kokoh.

Kesuksesan dan kelanjutan tergantung pada dirmu sendiri. Engkau tidak akan dapat membangun gedung yang kokoh dengan material yang salah, dan membangun gedung pencakar langit dengan fondasi yang rapuh. Semua itu adalah hukum dasar fisika dan kehidupan. Buatlah dirimu menjadi kuat, buatlah pengalaman hidup yang keras, dan terlindungi. Ilmu keagamaan, peribadatan yang benar dan lurus, ahlaqul karimah, dan cinta kasih adalah resep dari fondasi yang kokoh.

  1. Bertanggung Jawab dan Belajar Cara Bertanggung Jawab.

Hanya orang yang bertanggung jawablah yang dapat membuat segala sesuatu yang baik terjadi. Kita memiliki rasa tanggung jawab tertentu, baik terhadap diri sendir maupun orang lain. Semakin kita bertanggung jawab, semakin kita sukses. Seiring dengan bertambahnya usia diri kita, tanggung jawab kita bertambah dan bersama dengan itu, pencapaian kita juga bertambah.

  1. Disiplin adalah Dasar Hidup yang Beradab.

Semua kehidupan beradab akan jungkir balik tanpa disiplin. Apa yang kita kerjakan, kapan dan bagaimana, menentukan kualitas hidup yang kita jalani. Disiplin bila diajarkan pada diri kita sejak masih muda, tidak mudah untuk dilupakan. Disiplin harus ada pada tingkah laku kita dan etika kerja kita ( Belajar ).

  1. Peluang versus Resiko.

Belajarlah untuk melihat dan memanfaatkan peluang ketka peluang itu menghampiri kita, tetapi ingatlah bahwa peluang itu selalu membawa resiko. Engkau tidak mungkin mendapat sesuatu tanpa disertai dengan sesuatu yang lain. Mengambil resiko berarti mengambil fondsi "Pendidikan" untuk menanggulanginya. Resiko yang positif selalu layak diambil. Belajar dan ajarkan diri kita untuk hal ini.

  1. Memberi maka Engkau akan Menerima.

Entah berupa cinta, rasa hormat, kepercayaan, atau hanya uang, semakin bayak yang engkau berikan, semakin banyak yang akan engkau terima. Ini adalah hukum alam. Engkau sekarang ini membutuhkan banyak waktu, perhatian, dan minat untuk belajar dan maju demi masa depan yang bahagia.

  1. Olah Pikiranmu.

Pikiran adalah aset pribadi yang paling berharga. Pikiran akan tetap aktif jika terus digunakan. Pikiran mampu diguanakan untuk segala sesuatu. Gunakan pikiranmu dan cara mengolahnya.

  1. Jangan Takut Mencari Jawaban.

Pertanyaan yang tepat sukar dicari. Banyak orang takut bertanya karena khawatir "memperlihatkan ketidaktahuannya", atau mungkin menganggap diri telah mengerti segalanya. Pikiran yang mengembaralah yang menemukan jalan-jalan setapak baru. Pikiran yang selalu ingin tahulah yang menemukan harta karun tersembunyi, sehingga sikap inilah yang membuka penghalang menuju pengetahuan dan kekaguman. Kita hidup diabad informasi. Gunakan fakta ini untuk keuntungan dirimu. Pemilik informasi adalah orang yang menang.

  1. Perjalanan Panjang Dimulai dari Sebuah Langkah Kecil.

Setelah rencana disampaikan dan dilakukan, perjalanan dan petualangan menanti dirimu. Dijalani atau tidak, itu pertanyaannya. Hingga engkau mengambil langkah pertama, petualanganmu tidak akan dimulai-mulai. Sekali engkau mengambil langkah pertama, langkah selanjutnya kan lebih mudah. Sepanjang jalan, engkau akan menemukan kekuatan dan ketahanan, yang akan membawa dirimu jauh dan mendapatkan motivasi untuk tetap terus maju. Di setiap langkah engkau akan mendapatkan tantangan dan imbalan. Dan setiap langkah yang diambil akan mendekatkan engkau pada tujuan utamamu, yaitu Kebahagiaan Dunia Akhirat.

Kurangi Rengekan, Perbanyak Nafas.

Kurangi Percakapan, Perbanyak Perkataan.

Kurangi Rasa Benci, Perbanyak Rasa Cinta.

Maka Semua Hal Yang Baik Menjadi Milikmu.

2 komentar:

  1. halo pak Eko Kulo Ahmad Fatkhurrohman

    BalasHapus
  2. hai,mas??gi mana kabarnya???ni gw agnes wike oktavia s???u remmember me??kata - katanya indah banget??kayaknya gw kenal tuch kata- katanya????hafal malah??bijak banget??he.......?peace man??good luck ya??

    BalasHapus